Senin, 11 Juni 2012

Michael Marcus "Sang Trader Fenomenal"





Terkadang seseorang harus mengorbankan banyak hal untuk meraih kesuksesan. Mulia dari urusan rumah tangga hingga resiko gangguan kesehatan yang bisa datang sewaktu-waktu. Lika-liku seperti itu telah dijalani oleh Michael Marcus, trader ulung yang mampu menyulap sebuah portofolio investasi menjadi aset bernilai jutaan dollar. Namun makna di balik periode sulit itu pula yang membuatnya diakui sebagai 'trader fenomenal'



Kiprah Michael Marcus dalam dunia trading berawal di tahun 1972, saat ia membeli kontrak berjangka dengan bekal tabungan yang hanya sebesar US$700. Pada musim harga komoditas, termasuk produk kayu. Kebijakan itu justru melambungkan harga komoditas sehingga Marcus mampu mengantongi keuntungan ganda hingga US$12.000. Bahkan hanya dalam satu tahun, nilai keuntungannya melonjak dari hanya ratusan dollar menjadi $64.000.

Kemampuan pria lulusan Universitas Clark tahun 1969 ini makin terasah setelah ia bekerja menjadi trader mata uang di Commodities Corporation. Sebagai trader kepala, Marcus harus tetap terjaga setiap 2 jam di malam hari untuk memantau pergerakan pasar. Ia wajib mengawasi kinerja aset senilai jutaan dollar di pasar mata uang Australia, Hong Kong, Zurich, hingga London. Kerja Kerasnya Berbuah hasil saat ia ditunjuk sevagai wakil Presiden Eksekutif Commodities Corporation. Melalui perusahaan induk canmarc Trading Co. Marcus melakukan diversivikasi aset dengan berinvestasi pada perusahaan tidak terkenal. Secara mengejutkan, ia berani menanamkan modal pribadi pada perusahaan kecil yang terdaftar di OTC Bulletin Board seperti Prospector Consoidated Resources, Encore Clean Energy Inc. dan Pink Sheets Tounchstone Resources. Strategi unik itu terbukti berhasil karena pundi-pundi keuangannya makin bertambah dari hari ke hari.

Michael Marcus adalah seorang chartlist dan pengikut trend pasar. Ia dikenal sangat disiplin dalam aspek money management sekaligus lihai mengawasi penetrasi pasar dan kontradiksi harga(support-resistance). Selama disiplin dalam mengelola modal, maka keuntungan selalu bisa diraih oleh trader manapun.

Salah satu sosok penting yang berperan dalam kesuksesan MArcus adalah Ed Saykota. Sebagai mentor, Saykota banyak memberi wawasan baru terutama menyangkut managemen pengelolaan dana investasi. Dalam kurun waktu kurang dari 20 tahun, Marcus berhasil melipatgandakan uang hanya sebesar $30 ribu menjadi $80 juta. Tidak heran jika kemudian ia diketahui memiliki puluhan unit rumah mewah di berbagai belahan dunia.


Di balik kesuksesannya, Markus mengakui bahwa ia mengorbankan terlalu banya hal untuk mencapai posisinya saat ini. Ia melewatkan waktu berharga dengan keluarga dan mengabaikan kesehatan sendiri. Kehidupan pernikahan Marcus tidak secemerlang karirnya. Faktor kesibukan ditengarai menjadi pemicu perpisahan Marcus dengan sang istri kala itu. Oleh karena itu, ia tidak lelah berpesan kepada setiap orang yang ditemuinya supaya tidak mengejar ambisi melampaui kodrat yang sudah digariskan.

Dari cerita diatas saya harap anda bisa memahami betul bahwa untuk sukses di bidang ini maka anda harus betul-betul berjuang dengan gigih serta kerja keras jika anda ingin sukses.




1 komentar:

  1. ada tambahan lagi, FAMOUS PERSON nya.. yaitu KangGun.. hehehee..

    BalasHapus